Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Sabtu, 01 Desember 2012

Keindahan alam ponorogo

Pesona alam ponorogo
 Beberapa obyek wisata alam yang terdapat di Kabupaten Ponorogo yaitu,

Telaga Ngebel

Telaga Ngebel adalah sebuah danau alami yang terletak di Kecamatan Ngebel, Kabupaten Ponorogo. Kecamatan Ngebel terletak di lereng gunung Wilis. Telaga Ngebel terletak sekitar 30 km dari pusat kota Ponorogo dengan ketinggian 734 meter di atas permukaan laut. Keliling dari Telaga Ngebel sekitar 5 km dan suhu di telaga ini berkisar antara 20 – 26 derajat celcius.

Taman Wisata Ngembag

Taman Wisata Ngembag adalah taman wisata yang terletak di Kelurahan Ronowijayan Kecamatan Siman sekitar 3 km di sebelah timur dari pusat kota Ponorogo. Taman ini terdiri dari sumber air yang dilengkapi dengan taman bermain dan kolam renang anak. Sebelumnya Ngembag dikenal sebagai mata air yang tak terawat. Kemudian oleh Pemkab Ponorogo diubah sebagai taman kota yang dilengkapi dengan kolam renang anak dan juga beberapa permainan anak-anak. Foto-foto silakan lihat disini.

Air Terjun Pletuk
 
Air Terjun Pletuk atau juga dikenal dengan nama Coban Temu adalah air terjun yang terletak di Dusun Kranggan, Desa Jurug, Kecamatan Sooko, sebelah tenggara dari pusat kota Ponorogo atau lebih tepatnya sebelah selatan dari Kecamatan Pulung. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 m dan berada di atas ketinggian 450 meter di atas laut. Kawasan ini dikelilingi oleh perbukitan yang menjulang tinggi, dan ditumbuhi sejumlah tanaman.

Gunung Bayangkaki
 
Gunung Bayangkaki adalah gunung yang tak aktif yang terletak di Ponorogo Jawa Timur, tepatnya di Desa Temon, Kecamatan Sawoo. Gunung Bayangkaki memilki empat puncak, yakni Puncak Ijo (Gunung Ijo), Puncak Tuo (Gunung Tuo), Puncak Tumpak (Puncak Bayangkaki) dan Puncak Gentong (Gunung Gentong). Di balik indahnya alam dan kokohnya batu-batu besar yang menjulang, Bayangkaki memiliki berbagai keunikan dan masih diselimuti dengan mitos yang terus berkembang dalam masyarakat sampai sekarang. Salah satu mitos yang berkembang dalam masyarakat adalah ketika Puncak Gentong sudah terbakar tanpa sebab berarti musim penghujan akan segera tiba.


Air Terjun Juruk Klenteng
 
Air terjun Juruk Klenteng atau air terjun Tumpuk adalah air terjun yang terletak di Desa Tumpuk, Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo. Air terjun ini berlokasi di perbatasan Ponorogo dan Trenggalek. Dinamakan air terjun Juruk Klenteng karena tempatnya yang menjuruk kedalam dihimpit dua tebing gunung bebatuan. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 45 meter ini. Pada ujung bawah air terjun terdapat sendang yang airnya terlihat hijau yang disebut kedung. Menurut mitos, kedung atau lubuk tersebut adalah tembusan ke laut selatan.

Gua Lowo
 http://pariwisata.ponorogo.go.id/wp-content/uploads/2012/06/Guolowo3.jpg
Gua Lowo terletak di Kecamatan Sampung, sekitar 20 km dari pusat kota Ponorogo. Air terjun ini dinamakan Gua Lowo karena dihuni oleh banyak kelelawar. Kelelawar yang hidup di dalam gua ini bebas dan tidak mengganggu masyarakat setempat. Dalam gua ini juga ditemukan situs arkeologi yang memiliki nilai arkeologis tinggi. Lingkungan sekitar gua ini sangat alami dan dikelilingi oleh pepohonan dan batu-batuan.

Hutan Wisata Kucur
http://pariwisata.ponorogo.go.id/wp-content/uploads/2012/06/Kucur4.jpg
Hutan wisata Kucur atau taman wisata Kucur adalah hutan wisata yang terletak di Kecamatan Badegan, sekitar 20 km ke barat. Ada sumber air (kucur) di tengah hutan jati yang juga berfungsi sebagai taman nasional dan tempat perkemahan. Selain itu, karena lokasinya yang strategis, yang terletak di antara jalan Jawa Timur dan Jawa Tengah, taman wisata Kucur sering menjadi tempat beristirahat oleh siapa saja yang melakukan perjalanan.

Air Terjun Toyomerto
http://pariwisata.ponorogo.go.id/wp-content/uploads/2012/06/Air-Terjun-Toyomerto3.jpg
Air terjun Toyomerto atau dikenal juga dengan sebutan air terjun Selorejo terletak di Dusun Toyomerto, Desa Pupus, Kecamatan Ngebel, sekitar 35 km dari pusat kota. Akses ke air terjun ini medannya cukup sulit, menanjak penuh kelok dengan kanan kiri tebing curam dan membutuhkan kerja eksta untuk menuju ke sana. Namun hal itu dapat membawa pengalaman yang berbeda bagi para petualang. Air terjun ini terdiri dari 2 tingkat air dalam satu aliran yang jatuh dari tebing batu. Masing-masing tingkatan memiliki ketinggian 25 hingga 30 meter. Untuk tingkat pertama dikenal dengan nama Air Terjun Selorejo Atas dengan ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan tingkat kedua. Untuk tingkat kedua dikenal dengan nama Air Terjun Selorejo Bawah

puncak pringgitan ponorogo

ponorogo adalah kota wisata juga kota reog.asal dari kesenian reog ponorogo.dan banyak lagi tempat wisata nya.ada puncak gunung diantaranya yg disebut puncak gunung pringgitan yang tiap malam bulan purnama banyak anak muda.datang berkemping kesana bermacam 2 anak muda berasal ada dari ponorogo dan sekitarnya juga ada dari kota luar ponorogo.anda minat mengujunginya tepatnya di daerah kecamatan slahung ponorogo,bisa lewat desa caluk jln dukuh pamungan, bisa juga lewat desa wates,maupun desa broto kambeng. kecamatan slahung.puncak gunung pringgitan tepatnya kearah selatan dari kota ponorogo.bisa naik bis jurusan ponorogo pacitan.pemandangan puncak pringgitan sungguh sangat mempesona sehingga banyak yang berkemping kesana ,mari kami undang datang ketempat puncak gunung pringgitan yang suasananya sangat alami dan asri..

Wisata Beji Sirah Keteng


Satu lagi objek wisata budaya dan sejarah yang ada di Ponorogo, yaitu Beji Sirah Keteng. Objek wisata ini tepatnya berada di desa Bedingin Kecamatan Sambit Ponorogo. Objek wisata ini berupa beji (kolam) dan sebuah arca. Beji Sirah Keteng merupakan suatu kolam yang seluas kurang lebih 1 hektare. didekat kolam juga terdapat sebuah arca manusia raksasa. penduduk setempat menamakan arca “Ratu Boko“. Konon, Kolam Beji Sirah Keteng merupakan tempat pemandian Ki Ageng Kutu atau Ki Ageng Suryo Ngalam, dan menurut warga setempat, arca tersebut merupakan penggambaran kepala Prabu Ratu Boko, raja raksasa yang suka memakan daging manusia, yang tewas di tempat tersebut oleh seorang sakti mandraguna bernama Ki Ajar Prono.
Tempat ini juga bisa dijadikan tempat alternatif untuk menyalurkan hoby atau olah raga renang, khususnya warga Ponorogo yang bertempat tinggal didaerah Ponorogo bagian timur dan selatan. Pada waktu saya dan teman saya berkunjung ke lokasi, tampak sepi, mungkin karena bukan pada waktu hari libur, dan disekitar beji juga mulai banyak dibangun warung-warung milik warga sekitar yang menyediakan makanan kecil dan minuman.

Air Terjun Kedung Mimang - Ponorogo





Air Terjun Kedung Mimang tepat berada diantara dua gunung yaitu gunung Rimbung dan gunung Rajek wesi.  Air terjun ini memiliki ketinggian lebih dari 15 m dengan lingkungan udara yang sejuk dan kondisi yang masih alami.  Konon menurut cerita warga setempat air terjun ini bisa membuat awet muda. 



3 komentar:

  1. Semua postinganya luar biasa.... Saya beberapa kali ke ponorogo,cuman belum semua tempat wisata aku tau.... Tapi saya akan sering kesana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih.Sebenarnya masih banyak lagi yang bisa dikunjungi tapi blog ini dibuat untuk memenuhi tugas.Jadi sebagian belum

      Hapus
  2. Mbk, Air terjun Kedung Mimang itu terletak dimana detailnya ???

    BalasHapus